Mengetik Dengan Suara, Cepat Dan Akurat Menggunakan Google Voice Offline

Halo pengunjung, apa kabar hari ini, semoga sehat dan selalu berada dalam lindungan sang maha kuasa, amiin.


kali ini kita akan membahas tentang cara cepat menulis atau mengetik dengan menggunakan suara di Android.

pada saat ini menulis menggunakan suara (voice) bukanlah sesuatu yang mustahil. seperti halnya speech to text dari Google dan Samsung Voice dalam hal ini, kini telah lahir terobosan yang lebih mumpuni dari Google Voice dengan prosa kata yang lebih disempurnakan. 
Source : http://speechtotext.biz

melalui kemampuan Google Voice ini kita dapat mengetik kata tanpa harus menyentuh angka keyboard satu persatu dalam menyusun kata. satu hal lagi yang lebih penting, jika pada versi sebelumnya pengetikan Google Voice sangat tergantung dengan koneksi internet, ini Google Voice menyediakan versi offline dengan database kata yang perlu diunduh untuk dapat menggunakannya. dukungan bahasanya pun lebih banyak sehingga fasilitas ini mempermudah banyak bahasa yang tersedia di dunia ini. dan salah satunya yang telah didukung oleh Google Voice adalah bahasa persatuan kita yaitu bahasa Indonesia.
jadi, bagi teman-teman semua yang belum mengetahui kemudahan dari Google Voice ini, disini kita akan membahasnya.

KEMUDAHAN MENGETIK DENGAN SUARA MENGGUNAKAN GOOGLE VOICE
1. MENGETIK LEBIH CEPAT
karena menggunakan suara dan tanpa harus menyentuh angka keyboard satu persatu, maka pengetikan akan lebih cepat dan efektif serentak menghemat waktu dengan hasil yang sangat memuaskan.
2. MENGGUNAKAN EJAHAN YANG YANG DISEMPURNAKAN (EYD)
saat mengetik menggunakan Google Voice, kita akan dipermudah dengan adanya koreksi bahasa yang lebih sempurna. sehingga hasil susunan kata akan menghasilkan susunan kata yang lebih sempurna dengan kata baku.
3. TIDAK PERLU KONEKSI INTERNET
untuk versi terbaru Google Voice, database Bahasa dari berbagai bahasa di dunia tersedia secara offline, sehingga untuk memanfaatkan fitur ini kita tidak perlu dan tidak bergantung dengan jaringan internet. dengan kata lain tanpa koneksi internet fungsi dari Google Voice akan tetap jalan.

dari 3 kelebihan tersebut dapat kita manfaatkan untuk menulis berbagai karya ilmiah seperti membuat makalah, menulis cerpen, menulis skripsi, membuat artikel untuk postingan blog, membuat tesis, disertasi, dan jenis karya ilmiah lainnya yang membutuhkan pengetikan atau penyusunan kalimat.

namun sejauh ini Google Voice hanya tersedia pada smartphone saja, belum mendukung untuk berangkat besok. semoga kedepannya dapat dikembangkan untuk kebutuhan desktop.

pada Android sendiri pengetikan menggunakan suara ini dapat digunakan untuk menulis pesan, menulis catatan, memo, penulisan pada aplikasi seperti chatting dan lain-lain.

OK langsung saja untuk memulai Bagaimana cara agar bisa mengetik menggunakan suara secara offline pada perangkat Android, di sini saya akan membahas tutorialnya dengan gamblang

TAHAP PERSIAPAN
1. SMARTPHONE ANDROID
2. KONEKSI INTERNET
3. KESIAPAN UNTUK BEREKSPERIMEN

CARA MENDAPATKAN FITUR OFFLINE GOOGLE VOICE
A. untuk mendapatkan fasilitas fitur offline Google Voice, pastikan kita sudah menggunakan dan menginstal aplikasi Google terbaru. karena pada versi sebelumnya Google voice tidak mendukung fitur offline. sedangkan Google Voice sendiri merupakan satu paket daripada aplikasi Google. jadi untuk menggunakan fitur terbaru Google Voice kita harus menginstal aplikasi Google terlebih dahulu.

jika aplikasi Google Anda masih produk lama silahkan update terlebih dahulu melalui Google Play Store.
B. setelah terinstal saatnya kita mengaktifkan pengetikan suara Google dari pengaturan input bahasa. untuk cara-caranya adalah sebagai berikut:

1. buka pengaturan/setting > bahasa dan masukan. Pada papan tombol dan metode masukan pilih "pengetikan Google Voice"

2. saat menu pengetikan Google Voice terbuka saatnya kita memulai untuk mendownload bahasa Indonesia. namun sebelum itu langkah awal untuk download bahasa Indonesia kita harus menentukan bahasa default yang akan digunakan. caranya ketuk pada menu bahasa lalu beri ceklis pada bahasa Indonesia,

 dan jika bahasa default nya adalah bahasa Inggris kita bisa menghilangkan ceklis pada bahasa Inggris tersebut. Lalu pilih "SIMPAN"
3. jika sudah, selanjutnya adalah proses pengunduhan database Bahasa Indonesia agar dapat digunakan secara offline. caranya, Masih pada menu pengetikan Google Voice. pilih Pengenalan ucapan offline. secara default biasanya bahasa Inggris sudah terpasang, untuk dapat menambah bahasa Indonesia secara offline kita harus mengunduhnya terlebih dahulu. caranya dengan memindahkan pada tab "Semua" kemudian cari bahasa Indonesia. sentuh untuk mengunduh kemudian klik download untuk mengkonfirmasi.
ukuran file bahasa yang tersedia pada berisik saat pembuatan artikel ini kurang lebih 9,5 MB. setelah selesai pengunduhan dan pemasangan bahasa, bahasa Indonesia akan tampil pada tab terinstal. dengan ukuran yang lebih besar setelah terpasang yaitu sekitar 14 MB.

4. setelah bahasa terpasang sangat menentukan jenis pemasukan suara yang akan digunakan caranya kembali ke bahasa dan masukan, pilih menu BICARA > masukkan suara. lalu pindah kan ceklis pada menu "layanan Google yang disempurnakan"

5. selesai sudah, sekarang kita dapat mengetik menggunakan Google Voice secara offline dengan cara mengetuk tanda mikrofon pada keyboard saat mengetik.

dan perlu diketahui proses pembuatan artikel ini 100% menggunakan pengetikan Google Voice secara offline.

nah sekian tutorial lengkap tentang cara cepat dan mudah mengetik menggunakan google voice adapun akan suara tanpa harus mengetik pada keyboard.
semoga tutorial kali ini dapat bermanfaat mohon maaf untuk segera kekurangan sekian dan terima kasih
jika anda tutorial yang kurang dimengerti silahkan sampaikan pada form komentar di bawah.

0 Response to "Mengetik Dengan Suara, Cepat Dan Akurat Menggunakan Google Voice Offline"

Post a Comment

SILAHKAN BERKOMENTAR DENGAN BAIK DAN BIJAK
1. Gunakan Bahasa yg mudah dimengerti. No Sara, No Spam.
2. Link aktif akan otomatis terblokir, Gunakan "OpenID" atau "Name/URL" untuk meningalkan jejak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel