Cara Membatasi Jumlah Client Hostpot Seluler Android (Wifi Tethering)

Halo para pengunjung, Bagaimana kabar hari ini semoga sehat selalu dan berada dalam lindungan sang maha kuasa. amin.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara membatasi client hotspot WiFi (tethering) dari perangkat Android.

teman-teman pengguna Android khususnya, pasti pernah berbagi koneksi internet dengan pengguna lain baik melalui koneksi USB, bluetooth tethering, atau yang paling populer melalui WiFi hotspot tethering. kemudahan ini sangat membantu kita untuk saling berbagi koneksi internet dengan teman-teman yang lain yang bisa dikatakan (tidak mempunyai koneksi internet).

nah, namun disaat dari atau tidak, berbagi koneksi internet melalui hotspot, menyebabkan konsumsi paket data internet lebih besar Karena digunakan oleh dua atau lebih penggunaannya. ditambah lagi sistem koneksi dari perangkat client yang pernah terkoneksi dengan hotspot seluler yang kita buat biasanya membuat koneksi secara otomatis jika WiFi hotspot kita dinyalakan.
sederhananya seperti ini; 
si A membuat hotspot seluler portable (tethering) untuk Si B. setelah selesai proses berbagi disudahi. di lain waktu Si C (perangkat berbeda) ikut meminta koneksi dari si A. jika pada tempat tersebut berbarengan adanya si B dengan kondisi Wifi aktif, maka pada saat si A menghidupkan hotspot portable seluler untuk si C, WiFi Si B akan otomatis terkoneksi kepada si A (karena SSID dan Pasword sudah tersimpan di client B).
keadaan tersebut akan mengakibatkan terjadinya dua koneksi (B dan C) kepada si A. bahkan ini akan mengakibatkan lebih banyak lagi klien yang otomatis tersambung jika di area jangkauan WiFi tersebut banyak lain yang pernah terkoneksi dengan perangkat si A. pastinya akan mengakibatkan lebih banyak konsumsi data.

nah, jika kita tidak menginginkan hal tersebut, pembuat hotspot (si A misalnya) dapat membatasi client untuk terhubung ke berangkatnya, dengan menggunakan opsi autentikasi "perangkat yang diizinkan"saja.

untuk melakukan hal tersebut, berikut untuk tutorialnya akan kita bahas.

CARA MEMBATASI CLIENT HOTSPOT SELULER ANDROID (TETHERING)
1. aktifkan hotspot seluler portable (tethering) dari pengaturan/setting > penambatan dan hotspot seluler > hotspot seluler.
kemudian aktifkan hotspot seluler (tethering) tersebut.

2. setelah hotspot seluler aktif, biarkan klien untuk melakukan koneksi terlebih dahulu, sehingga akan terdapat daftar client yang terkoneksi pada menu tersebut.

3. jika banyak client yang terkoneksi, pilih identitas klien yang akan kita masukkan ke dalam perangkat yang diizinkan (pastikan kita mengenali) dengan caraketuk Tanda plus (+).
kemudian beri nama agar tidak keliru.

4. setelah itu berangkat akan masuk ke dalam daftar perangkat yang diizinkan.

5. Lalu, setelah perangkat yang dimaksud masuk ke dalam daftar perangkat yang diizinkan, Langkah terakhir adalah merubah otoritas pembagian hotspot seluler. yaitu dengan cara mengetuk opsi pada nama perangkat hotspot kita.
akan ada menu pop up baru dengan pernyataan "izinkan akses wi-fi ke"lalu pilih perangkat yang diizinkan. Popup selanjutnya akan timbul untuk memastikan pilihan, lalu ketuk saja "OK"
Koneksi akan terputus sementara, lalu mulai kembali.

sukses...
setelah itu semua perangkat yang tidak masuk kepada daftar klien yang diizinkan akan otomatis terputus (disconnect) karena tidak diberikan izin akses oleh pembuatan hotspot.
dan yang tersisa hanya beberapa client atau perangkat yang diizinkan.

Nah demikian tips dan tutorial cara membatasi client hotspot WiFi di Android, semoga tutorial kali ini dapat bermanfaat.
untuk mendukung ini silakan lanjutkan artikel ini jika memang berguna, Jangan lupa untuk berkomentar Jika ada yang tidak dimengerti.
sekian terima kasih.
salam.

0 Response to "Cara Membatasi Jumlah Client Hostpot Seluler Android (Wifi Tethering)"

Post a Comment

SILAHKAN BERKOMENTAR DENGAN BAIK DAN BIJAK
1. Gunakan Bahasa yg mudah dimengerti. No Sara, No Spam.
2. Link aktif akan otomatis terblokir, Gunakan "OpenID" atau "Name/URL" untuk meningalkan jejak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel