Cara Menjadi Seorang Blogger, Susah Gak Sih ?

Blogger tuh, sebenarnya nama domain loh ? blogger.com cuman dalam perkembangannya dia di akuisisi sama google. So jadilah produk google yang dikenal sebagai tempat untuk penulis pemula mengembangkan ide-idenya. Blogger tuh sekarang ini bisa disebut dengan penyebutan nama seseorang, dimana orang tersebut biasa menulis, share, tentang hobi atau kegiatannya melalui platform blog. Ada dua Paltform yang sudah dikenal dan mendunia yaitu Blogger.com dan Wordpress.

Blogger bisa jadi famous gak ? bisa. Tuh contohnya Raditya Dika dengan Marmut Merah Jambunya, terus ada My Stupid Boss karya Upi Avianto. Mungkin bisa disebut lucky karena orangnya keren atau emang tulisannya menghibur dan banyak penggemarnya. Ngeblog bisa di katakan susah-susah gampang, cuman nulis dapet uang keren kan ! tapi tidak semudah itu berikut beberapa hal yang diperlukan untuk menjadi seorang blogger :

1. Harus Suka Nulis

Yah, karena kebanyakan blog kan isinya tulisan, kalo video kan Youtuber. Nulis disini bisa di mulai tentang kegiatan sehari-hari, pengalaman hidup, hobi, anything yang menurut kamu suka dan enak ditulis. Jelasin ke pembaca lewat tulisan, masukin sense of emotion ? ngerti gak. Jadi bukan cuman nulis datar, tulisan itu harus memiliki rasa, sehingga ada semacam komunikasi dua arah antara tulisan dan pembaca.

2. Skill Editing Software

Penguasaan di bidang software pengolah gambar juga perlu, gambar-gambar hasil kamera pribadi jika memang sesuai dengan tema tulisan harus di tambahkan. Disni gunanya penguasaan software editing seperti crop, image size, watermark, sehingga membuat tulisanmu lebih menarik dan enak dipandang. Nah jika gambar dari situs lain (wajib sertakan link sumber ya) sama juga perlu editing untuk size nya agar pas di blog kamu.

3. Bisa Ngedit HTML

Blogger kok nulis-nulis html emang nya programmer ? editing html perlu juga untuk platform blogger. Tema yang akan di gunakan harus sedikit di edit seperi memasukan nama blog mengganti tahun, memasukan iklan, dan copyright, ini berlaku untuk template blog gratisan. Ada yang instan juga tinggal nulis, menggunakan template default blogger.com hanya saja tampilannya kurang menarik. Untuk pengguna wordpress kita harus mengenal tentang PHP (pemberi harapan palsu) yang penuh dengan tanda tanya hampir sama lihat tutor dan praktekan pasti bisa.


techjuice.pk


4. Punya Wawasan Luas

Wawasan diperlukan saat menulis, apalagi jika kita akan menulis dengan gaya rewrite menulis ulang artikel dengan sumber terpercaya biasanya teknik rewrite butuh lebih dari dua sumber atau lebih. Pengetahuan pun harus selangkah di depan pembaca, blogger tuh harus peka terhadap isu-isu social yang sedang terjadi, jangan menulis tentang hoak aja ya ! pahami netiket yang berlaku dan undang-undang tentang ITE. Jadi walaupun kita menulis tentang hobi misal, tetap ada sangkut pautnya dengan isu sosial yang terjadi sekarang agar tulisanmu terlihat fresh dan renyah saat di baca.

5. Manfaatin Social Media

Jika kita hanya mengandalkan search engine untuk trafik blogmu itu bisa saja, tapi hasilnya kurang memuaskan. Untuk menggenjotnya manfaatin social media, share artikel dalam blog mu melalui socmed yang biasa kamu gunakan di mulai dari teman-teman dekatmu. Biarkan mereka meninggalkan komentar dalam blog, agar blogmu terlihat aktif.

Lumayan kan cukup mudah ! Sebenarnya untuk trafik, jika tulisan kita bermanfaat, pembaca dengan senang hati akan membagikannya. Satu lagi butuh kerja keras dan konsistensi dalam menulis banyak blogger yang awalnya menggebu-gebu setelah beberapa bulan berjalan, blognya di terlantarkan. Tetap menulis, dan jangan pernah terbebani, tulislah sesuatu yang benar-benar memang bermanfaat untuk orang lain.

1 Response to "Cara Menjadi Seorang Blogger, Susah Gak Sih ?"

SILAHKAN BERKOMENTAR DENGAN BAIK DAN BIJAK
1. Gunakan Bahasa yg mudah dimengerti. No Sara, No Spam.
2. Link aktif akan otomatis terblokir, Gunakan "Name/URL" untuk meningalkan jejak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel