5 Tips Agar Lebih Bijak dalam Menggunakan Social Media

Dewasa ini sosial media semakin menjamur, bukan hanya di perkotaan semua kalangan sudah terbiasa menggunakan social media. Banyaknya isu-isu, hoak, dsb. . .  mengharuskan kita lebih selektif dalam menyaring informasi. Apalagi jika anak kita yang notabene tanpa filter menelan mentah-mentah informasi yang bertebaran. Semakin singkat dan cepat informasi, maka semakin rentan tentang privacy.

Social media pada tahun 2010 berbeda dengan sekarang, banyak produk social media mengharuskan kita lebih cerdik dalam menggunakannya, berikut ini beberapa tips agar aman menggunakan social media :

1. Hargai Pengguna Lain

Bukan hanya di dunia nyata di dunia mayapun sudah seharusnya kita tetap memiliki rasa saling menghormati terhadap pengguna lain. Dengan alasan karena mereka tidak tahu kita, dengan mudah bicara seenaknya di depan public. Di belakang itu ada undang-undang ITE yang mengaturnya.
2. Jangan Share Masalah Pribadi

techcrunch.com

Kita tidak tahu siapa yang  membaca status kita, apakah orang lain itu senang atau tidak apalagi menyangkut masalah rumah tangga. Karena itu menyangkut masalah intern sebaiknya selesaikan dengan yang bersangkutan jangan di bawa ke public.

3. Selektif dalam Klik Link Tautan

Tautan digunakan oleh semua media untuk berbagi informasi dalam situs web nya. Akan tetapi ada saja orang yang tidak bertanggung jawab seperti memasukan link spam atau konten tidak senonoh. Agar tidak asal klik : lihat siapa yang mengirimnya terpercaya atau tidak, lihat situs apa yang muncul karena beberapa social media jika kita menautkan link, preview situs tersebut terlihat.

4. Parenting Control

Ini di khususkan untuk anak-anak peran orang tua harus lebih di maksimalkan, jangan anggap remeh karena anak kita sudah lancar menggunakan gadget/social media. Lihat apa yang biasa digunakannya liat history apa yang biasa di carinya, tetap waspada tetap perhatikan buah hati anda.

5. Think Before Posting

Berpikir tentang manfaat apa yang dihasilkan jika kita menulis seperti ini, itu ? Jangan pernah menyinggung pengguna lain. Manfaatkan kecanggihan internet untuk mengembangkan diri anda, bisa untuk bisnis, loker, hobi, belajar, dan masih banyak lagi.

Selalu ada manfaat dan selalu ada akibat, bijaknya kita menggunakan social media merupakan salah satu cara agar kita menjadi pengguna yang cerdas. Dan menjadi manfaat untuk pengguna lain dengan saling share informasi yang benar tentang keabsahannya.


0 Response to "5 Tips Agar Lebih Bijak dalam Menggunakan Social Media"

Post a Comment

SILAHKAN BERKOMENTAR DENGAN BAIK DAN BIJAK
1. Gunakan Bahasa yg mudah dimengerti. No Sara, No Spam.
2. Link aktif akan otomatis terblokir, Gunakan "Name/URL" untuk meningalkan jejak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel