Kenapa Gak Bisa Scan QR Code Pada Whatsapp Web

Halo sahabat pengunjung, Pengguna whatsapp memang semakin marak, diberbagai kalangan, instansi, pelajar, mahasiswa, karyawan dan berbagai lini masyarakat sudah sangat akrab dengan media komunikasi whatsapp. Feedback dari pihak pengembang Whatsapp pun semakin dimutakhirkan demi kenyamanan penggunanya, salasatunya munculnya trobosan "Whatsapp Web" yang memungkinkan pengguna menggunakan komunikasi whatsapp dari desktop PC / komputer / Laptop atau notebook, yang tidak melulu harus diakses dari aplikasi dari smartphone, namun dengan catatan Akun Whatsapp pada ponsel dalam keadaan aktif dan terkoneksi dengan internet.

Oya, bagi sahabat pembaca yang mungkin belum tau tentang "Apa sich whatsapp web itu?" mari kita simak penjelasannya;

PENJELASAN APA ITU WHATSAPP WEB ?


Dikutip dari sumber bantuan "Faq Whatsapp" tentang pengertian dan penjelasan Whatsapp web, bahwa : "WhatsApp Web adalah ekstensi dari akun WhatsApp pada telepon Anda. WhatsApp Web terhubung ke telepon Anda untuk mensinkronisasikan pesan-pesan, sehingga Anda dapat melihat pesan-pesan tersebut baik di web maupun di telepon. Persyaratan pertama untuk dapat menggunakan WhatsApp Web adalah sebuah akun WhatsApp aktif di telepon Anda". 
Nah, dari penjelasan singkat tersebut bisa dibayangkan apa dan bagaimana Whatsapp Web itu

BAGAIMANA CARA MENGGUNAKAN DAN MENYAMBUNGKAN WHATSAPP WEB ?


Caranya sangat gampang, pastikan kedua perangkat terkoneksi dengan internet (Smartphone yang terinstall Aplikasi Whatsapp (WA) dan PC / Laptop )
  • Buka browser pada Komputer / Laptop (Disarankan menggunakan Chrome) lalu menuju alamat https://web.whatsapp.com, maka akan muncul QR code / Barcode untuk di scan / pindai.
  • Buka Aplikasi Whatsapp pada smartphone kamu dengan akun yang sudah aktif dan online. Tap / Klik opsi menu titik tiga pada bagian kanan atas, lalu pilih "Whatsapp Web" disana akan ada sedikit kiat atau tutorial singkatnya, lalu pilih saja, "Oke Saya mengerti" Kamera pemindaipun akan terbuka.
  • Arakhan kamera pada QR Code / Barcode. posisikan kamera tepat didepan layar komputer agar gambar jelas dan mudah tertangkap kamera ponsel. jika berhasil browser akan memuat ulang (reload) dan menampilkan isi Whatsapp akun kamu persis seperti pada aplikasinya, dan kamu pun bisa melakukan apapun sama seperti pada Aplikasi WA. Namun dengan catatan kedua perangkat tetap terkoneksi dengan jaringan internet.
Untuk Whatsapp web sendiri banyak yang menemukan masalah pada saat mengoneksikan komputer dengan ponsel, lebih tepatnya kendala saat proses Men-Scan atau memindai QR Kode dari halama Whatsapp web dengan Kamera pada Hp / Ponsel. hmm.. Apa ya penyebabnya?? berikut akan sedikit saya ulas :

PENYEBAB TIDAK BISA SCAN KODE QR DI WHATSAPP WEB.

Dari beberapa sumber yang saya baca, dan hal ini saya alami sendiri. Whatsapp Web tak semuanya dengan mudah bisa menikmatinya, meskipun dengan aplikasi terbaru dan koneksi stabil, kode QR tak bisa terbaca pada Ponsel, lalu apa sich penyebab nya, berikut adalah beberapa kendalanya :
  1. Kecerahan Monitor Komputer dan Lensa Kamera Kotor, Ini bisa jadi kendala tidak bisa tersambungnya whatsapp web, so tau donk apa yang harus dilakukan untuk mengatasi problem seperti ini??
  2. Kualitas kamera yang rendah (jelek). Ini jelas mempengaruhi proses pemindaian (scanning), karena ponsel tidak dapat menerima bentuk QR dengan sempurna, sehingga data yang diterima atau informasi dalam kode tersebut tidak terbaca. Gimana ya mensiasatinya ?? #Bingung 
  3. Layar Ponsel Dibawah 4 INCHI (.inc). Dari beberapa sumber mengatakan whatsapp web tidak mendukung layar dibawah ukuran 4 In. Sedih memang pengguna Hape jadul seperti saya jadi sakit hati akan aturan ini, Layar dibawah 4 inchi kesulitan untuk akses whatsapp web karena tidak bisa memindai QR kode. :-(
Nah, itulah penyebab sulitnya menggunakan Whatsapp web yang saya pernah alami pada saat memindai QR code dengan kamera hape jadul. Saya pun, sedang mencoba untuk memecahkan penyebab dari point  2, dan 3 diatas. jika sudah ada pemecahannya, Insyaallahsegera saya buat tutorialnya.


Sekian Untuk Informasi kali ini, semoga bermanfaat, dan terimakasih sudah menyimak hingga selesai.

28 Responses to "Kenapa Gak Bisa Scan QR Code Pada Whatsapp Web"

  1. sorry om masukan , tadi saya juga mengalaminya , , , bukan masalah mau hp layar 5 inci atau 1 inci , , coba saja scan dengan posisi terbalik hp nya (atas jadi bawah ) langsung work om,,,, selamat mencoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sarannya gan.. Selain keberuntungan spesifikasi HP jadi jaminan kyaknya gan.. hape jadul banget dg kamera burem mungkin gak ngepek tetep gak bisa.. berbagai cara dan tutorial sudahsaya coba.. tetep gk bisa.. Saya cari tau akibatnya dr bbrapa sumber dan memutuskan untuk membuat artikel ini..

      Delete
    2. bener om, untung bisa, kenapa ya dibalik baru bisa? :-)

      Delete
    3. Mantaab.. makasii bos solusinya

      Delete
    4. kalau tidak bisa denga posisi terbalik bisa dengan cara miring. barusan saya mengalami maslah tersebt dan terseleseikan dengan cara miring. Memang perlu seni KAMAsutra juga untuk masuk WA Web he he he

      Delete
  2. mas harap di jawab ya mas. kendala saya ada pada ketika saya buka aplikasinya bukannya kodebar yang muncul melainkan munculnya aplikasi sprt chrome, opera, dan saya disuruh mendownload aplikasinya, hp saya asus z-phone 4 tahun keluaran 2014. apakah mungkin karena hp sy yg jadul trsbt ya mas kendalanya? terimaksih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pake browser Chrome / opera gan..

      Delete
    2. maaf mas, saya udah dowbload chrome dan jg opera, tp ketika dibuka https://web.whatsapp.com tidak ada muncul barcode yg mau di scan... makasih ablumnya

      Delete
    3. Coba bersihkan riwayat browsingnya gan, cache, history dll. baru coba buka lagi whatsapp webnya

      Delete
  3. Scan barcode udh berhasil tp pas buka chat ga bs kebaca itu kenapa ya? Thx u

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kedua perangkat (PC+Ponsel) harus benar2 online gan.. usahakan keduanya jangan terputus

      Delete
  4. Mas kalo barcode nya di screenshoot lalu di buat masuk whatsapp web itu emang gak bisa ya? Soalnya beda kotaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. discreenshoot mungkin bisa aja, tapi harus ekstra cepat. soalnya tiap sekian detik sekali barcode berubah. kalo masalah kuota gak jadi masalah, yang penting kedua perangkat online..

      Delete
    2. Pesan reliable itu maksudnya gimana ya?
      Tdk bsa msuk lgi ke whatsapp web scan jd tdk bsa lht chat wa doi lgi
      Tlong di jwb trima ksih

      Delete
  5. ya saya sering mengalami ini. Susah sekali sinkronkan 2 gadget (laptop & phone). JIka sudah on, kedua gadget harus konek inet. :(
    Beda dengan Aplikasi Telegram. sangat mudah membuka lewat web. Hanya dengan verifikasi kode melalui SMS. Dan handphone tidak harus konek inet bisa jalan.

    ReplyDelete
  6. Mau masuk ke web.whatsapp.com tapi selalu terhubung ke www.whatsapp.com itu kenapa ya?sy mau buka di PC jadi susah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo bukanya d PC harusny bisa.. kcuali buka d hape emang slalu d redirect ke whatsapp.com, kalo d pc jga d redirect mungkin lg gangguan mba..

      Delete
  7. Mas.
    Saya malah barcode nya ga muncul2..udah 10 harian lebih..itu kenapa yaa

    ReplyDelete
  8. Mas..punya saya whatsapp web nya QR Code nya ga muncul2..kenapa ya..sdh 10 harian lebih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan koneksi internetnya bagus mbak, kalo masih gk bisa, coba bersihkan data browser sprt History, cache, dll. Silahkan atau langsung ctrl+shift+del di browser

      Delete
  9. Pnya saya kok muncul pesan reliable itu gimana mksudya?
    Jd gk bsa mntau wa si doi lgi

    ReplyDelete
  10. Pnya saya kok muncul pesan reliable itu gimana mksudya?
    Jd gk bsa mntau wa si doi lgi

    ReplyDelete
  11. Kode QR. Nya kenapa gk kluar

    ReplyDelete
  12. Iya mas pny saya jg whata webnya muncul pesan reliabel gt, g bisa2 masuk, knp ya? Harus gmn?

    ReplyDelete
  13. Pnya saya kok muncul pesan reliable itu gimana mksudya?
    Tolong dijawab!

    ReplyDelete
  14. Pnya saya kok muncul pesan reliable itu gimana mksudya?
    Tolong dijawab gan!

    ReplyDelete
  15. Kalo ada pesan reliabel, tandanya aplikasi whatsapp webnya sudah gak work. Whatsapp sudah meningkatkan keamanan dengan langsung redirect ke halaman web whatsapp untuk seluler. Silahkan simak postingan saya tentang pesan reliabel ini.

    ReplyDelete

SILAHKAN BERKOMENTAR DENGAN BAIK DAN BIJAK
1. Gunakan Bahasa yg mudah dimengerti. No Sara, No Spam.
2. Link aktif akan otomatis terblokir, Gunakan "Name/URL" untuk meningalkan jejak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel