Arti Singkatan Wifi / Kepanjangan dan Sejarahnya

Anda tahu apa itu Wifi ? Apa sich Arti Singkatan atau kepanjangan dari kata WiFi? Atau sudah tau sejarah Wifi? pasti kebanyakan orang sudah tahu jawaban dari pertanyaan saya diatas, namun bagi yang belum tau perlu baca artikel ini sampe tuntas. Malu donk tiap hari ngomongin Wifi dan menggunakan fasilitas Wifi makna dan latar belakngnya aja gak tahu. okey, mari kita simak penjelasannya.
Apa Itu Singkatan atau kepanjangan Wifi ?
WiFi adalah singkatan atau kepanjangan dari Kata WIRELESS FIDELITY. Secara harfiyah Wireles berarti tanpa kabel / nirkabel atau gelombang radio sedangkan Fidelity disini bisa diartikan ketepatan atau kemutakhiran (translate.google.com).
Namun secara fungsional Wifi adalah sebuah teknologi yang dapat menghubungkan satu perangkat komputer atau alat elektronik lainnya melalui jaringan nirkabel (Jaringan tanpa Kabel/melalui gelombang radio) seperti mengakses internet, berkomunikasi, Sharing File dan Folder dll. dari fungsi tersebut Wifi dapat di sinonimkan dengan kata WLAN (Wereless Local Area Network). 

Jadi Singkatnya Wifi adalah kepanjangan dari wireless fidelity, yaitu sebuah jaringan Nirkabel yang dapat menghubungkan dan mengakses perangkat elektronik seperti komputer, Smartphone, tablet, dll untuk bisa berkomunikasi dalam satu titik akses.

Bagaimana Sejarah WiFi?
Sejarah Wifi dengan teknologi 802.11 berawal Pada tahun 1985 yaitu Komisi Komunikasi Federal AS untuk merilis pita GSM untuk pemakaian tanpa lisensi. Hingga pada tahun 1991  NCR Corporation bersama AT&T menemukan teknologi 802.11 atau Wifi hanya untuk kebutuhan Asisten Kasir, dan mereka menamakannya sebagai WafeLAN. dan penyebutan WiFi resmi digunakan secara komersil pada bulan agustus 1999. Nama Wifi menurut isu adalah pelesetan dari kata Hi-Fi (high fidelity). Wifi sendiri merupakan merek dagang dari sebuah perusahaan yang bernama  Interbrand Corporation, perusahaan inilah yang kemudain mencetuskan nama Wifi dan mendesain Logo Wifi. dan orang yang merancang standar pertama IEEE yaitu Vic Hayes dijuluki "Bapak Wi-Fi"
Wi-Fi Alliance membuat slogan iklan asal-asalan "The Standard for Wireless Fidelity" dan sempat menggunakannya sesaat setelah merek Wi-Fi diciptakan. Karena slogan tersebut, orang-orang salah mengira bahwa Wi-Fi merupakan singkatan dari "Wireless Fidelity" meski kenyataannya bukan. (source: wikipedia.org)

Post a Comment