Notifikasi "Safety Check" FB Soal pemboman di Pakistan dianggap Nyasar

Anda mendapatkan pemeritahuan seperti ini dari Facebook (FB) "Apakah anda baik-baik saja? Tampaknya anda berada di wilayah terdampak oleh ledakan di Lahore, Pakistan, beri tahu teman-teman bahwa anda dalam keadaan aman" atau dalam notifikasi bahasa inggris berbunyi "Are you OK? it looks like you're in the area affectedby The Explosion in Gulshan -l-Iqbal Park, Lahore, Pakistan. Let Friends know that yaou're safe" tahukah apakah maksud pemberitahuan pihak FB tersebut ?

Itu adalah fitur "Safety Check" dari facebook yang dikirim kepada pengguna melalui notifikasi atau pemeritahuan facebook kepada penggunanya terkait ledakan yang terjadi di luar sebuah taman terbuka di Kota Timur Lahore, Pakistan, yang menewaskan 10 orang dan puluhan orang luka-luka. Ledakan yang terjadi di negara bersenjatakan nuklir tersebut belum diketahui sebab pastinya, namun perlu diketahui negara tersebut mempunyai permasalahan yang belum terselesaikan dengan sekelompok pemberontan Taliban yang selalu menerror ketentraman warganya.
Nah, terkait serangan yang menewaskan banyak orang tersebut pihak Facebook rupanya langsung mengaktifkan fitur "Safety Check" atau "Pemeriksaan Keamanan" untuk warga yang diduga terkena dampak Penyerangan tersebut. Memang fitur bernafaskan simpati dari FB ini terbilang cukup ampuh, berdasarkan pernyataan Mark Zuckerberg peminpin ekslusif Facebook inc. team fb mengambil pelajaran dan akan terus mengaktifkan fitur ini semenjak terjadinya serangan di paris akhir tahun 2015 lalu.

Meski perlu diakui bahwa fitur ini mempunyai efektifitas yang besar, namun tetap saja mendapatkan kritikan pedas dari penggunanya di situs jejaring sosial tersebut, pasalnya tim Facebook diduga kurang akurat melayangkan pengecekan keamanan / Safety Check hanya pada serangan-serangan seperti teror dan pemboman saja, kenapa fitur ini tidak digunakan untuk pengecekan keamanan saat bencana alam juga? selain itu pihan FB dituding pilih kasih soal pengaktifannya pada beberapa penyerangan.
Nah, untuk kali ini, telah terjadi penyerangan di daerah pakistan juga masih mendapatkan bincangan yang hangat, bukan seperti dua masalah diatas melainkan kekeliruan fitur ini ke negara-negara yang jauh dari dampak Penyerangan di pakistan seperti Indonesia. Para pengguna Fb di indonesia diherankan dengan adanya pemberitahuan tentang safety check tersebut, padahal mereka berada jauh di indonesia, akhirnya kejadian ini mendapatkan banyak respon netizen di berbagai group dan forum fb, ada yang mengira bahwa team fb telah salah alamat menunjukan pemebritahuan tersebut kepada penduduk indonesia 
"Mungkin team FB salah mengetik, mau ngetik "INDIA" eh..baru "Ind" udah enter, jadi nyasar ke Indonesia #wkwkw" . "Maksudnya biar dianggap facebook paling update, malah salah negara" ujar salah satu netizen di sebuah forum FB. Ada juga yang menengahi bahwa memang mungkin fitur ini diaktifkan untuk semua negara, pasalnya banyak pengguna yang menggunakan Proxy negara lain seperti Singapura dan negara lainnya tetap mendapatkan notifikasi tersebut.
Nah apapun itu, anda jangan heran dengan macam notifikasi seperti ini, karena ini terbilang fitur yang membantu dan berguna dari jejaring sosial FB.

0 Response to "Notifikasi "Safety Check" FB Soal pemboman di Pakistan dianggap Nyasar"

Post a Comment

SILAHKAN BERKOMENTAR DENGAN BAIK DAN BIJAK
1. Gunakan Bahasa yg mudah dimengerti. No Sara, No Spam.
2. Link aktif akan otomatis terblokir, Gunakan "OpenID" atau "Name/URL" untuk meningalkan jejak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel