Sejarah dan perkembangan HDMI

HDMI singkatan dari High Definition Multimedia Interface merupakan standar konektifitas global yang semakin banyak digunakan di pasar elektonik saat ini, Bila dahulu kita hanya dikenalkan dengan teknologi VGA dalam transmisi Video antar perangngat, Jauh lebih maju dari itu, HDMI tak sebatas pada daya transfer komunikasi Interface Digital Video saja, Komunikasi HDMI mempunyai konektifitas aktif dengan kualitas tinggi (HD) bahkan tak hanya itu, HDMI mampu mentransfer paket Audio Multichannel, jadi HDMI tak sebatas sebagai Konektor pentrasnfer Video digital saja melainkan kemaampuan yang lebih canggih.
Sejarah dan perkembangan tehnoologi HDMi
HDMI kini sudah hampir bisa ditemukan di berbagai perangkat elektronik seperti pada Laptop, monitor komputer, Proyektor (infokus), TV Digital, DVD player dan masih banyak yang lainnya. pada umumnya HDMI standar yang biasa kita jumpai  mempunyai 19 pin tipe ini disebut juga type-A, dan untuk tipe-B merupakan penggunaan tingkat tinggi dengan kuaalitas dan kemampuan yang kebih tinggi pula tentunya yaitu mempunyai 29 pin.

KEMAMPUAN CANGGIH HDMI
dengan inovasi  standard EIA/CEA-861 yang mengatur tentang format video, panjang gelombang, dan proses perpindahan data, memungkinkan HDMI memungkinkan komunikasi data dapat berjalan melalui satu kendalai, HDMI menghilangkan penggunaan banyak koneksi kabel yang terbilang ribet dan menggantikannya dengan satu kabel saja, berikut bebrapa fitur canggih yang ditawarkan teknologi HDMI :
1. Satu Kabel Untuk Semua
Dengan menggunakan HDMI berarti kita sudah menghemat penggunaan kabel yang ribet pada perangkat yang kita gunakan, HDMI dari sekian banyak kecanggihan yang dimilikinya hanya dibungkus dengan satu kabel namun komunikasi trasper tidak terpaku pada satu fungsi saja, Satu kabel HDMI menawarkankualitas transper dan menerima data digital baik audio maupun vidio digital yang lebih baik.
2. Kualitas transfer digital Tinggi
Melihat pada sisi namanya "High Definisi" HDMI punya andalan dari segi kualitas, Koneksi HDMI mendukung High Definitios Quality pada Vidio dan audio, karena throughput HDMI setidaknya 10,2 Gbps, yang kompatibel terhadap sinyal HD yang umumnya mencapai resolusi 1080p. Speed rating yang lebih tinggi menandakan peningkatan bandwidth untuk mendukung format video, audio, seperti halnya HDMI mendukung resolusi tinggi 480p/720p bahkan 1080p dengan kualitas yang sangat baik,
 Sejarah dan perkembangan tehnoologi HDMi
3. Banyak dukungan perangkat
Jangan takut menggunakan HDMI, karena banyak sekali perangkat yang mendukung koneksi HDMI seperti HDTV, projektor, DVD, Blu-ray, PC, laptop, konsol game, kamera digital, dan masi banyak lagi. Koneksi HDMI dianalisir akan menjadi standard komunikasi data pada berbagai perangkat, seperti fungsi USB yang menjadi salah satu standar yang dapat kita temui di semua perangkat digital, dan bisa jadi dengan inovasi HDMI yang kian maju ini akan menggeser inovasi lama, seperti penggunaan port VGA yang mulai ditinggalkan dalam perangkat Laptop keluaran baru.

SEJARAH PERKEMBANGAN HDMI
TAHUN 2002
Pada tahun 2002 teknologi HDMI dirancang untuk memenuhi tutuntutan kualitas digital tinggi yang kompatibel, akhirnya pada tahun 2002 HDMI Versi 1.0 diperkenalkan

TAHUN 2004
Pada tahun ini HDMI versi 1.1 lahir dan penjualan meningkat pesat hingga sebanyak 5 Juta unit, 

TAHUN 2005
Pada tahun 2005, karena mendapat respon dan permintaan pasar yang kian banyak, inovasi HDMI ini pun terus dikembangkan hingga pada Agustus 2005, HDMI merilis versi 1.2 dengan dukungan maksimal 8 kanal satu bit audio, konektor HDMI tipe A tersedia untuk sumber dari PC, dan mendukung sumber bertegangan rendah. tak hanya itu pada Desember tahun yang sama HDMI 1.2a juga lahir yang mempunyai dukungan penuh fitur Consumer Electronic Control (CEC), rangkaian perintah, dan tes pemenuhan CEC.

TAHUN 2006
tahun 2006 HDMI mengeluarkan HDMI versi 1.3 dengan mengeluarkan inovasi dan fitur lebih banyak dan lebih canggih

TAHUN  2007
Pada 2007 Penjualan makin meningkat menjadi 143 Juta unit  dan menjadi standard de facto bagi perangkat HDTV dimana sekitar 90% TV digital telah dilengkapi dengan HDMI.

TAHUN 2009
Pada tahu 2009 perangkat HDMI telah terpasang pada lebih dari 600 juta perangkat HDMI,Hingga menjadi pendorong utama pada pasar konsumen elektronik hingga dianggap sebagai salah satu inovasi terpenting dalam dekade trakhir dan mendapat banyak penghargaan.

TAHUN  2011
memsauki tahun 2011, pengembang mendirikaan foum komunikasi HDMI, wahana konsultasi dan informasi terbuka bagi pengusaha yang tertarik dalm pengembangan teknologi HDMI.

TAHUN 2013
HDMI telah mengeluarkan versi 2.0 dan berkemampuan semakin canggih dan mampu menjalankan video dengan resolusi 4K dalam 60 fps (frame per secon), dan pada tahun yang sama HDMI telah terpasang pada 3 Miliar perangkat elektronik.

0 Response to "Sejarah dan perkembangan HDMI"

Post a Comment

SILAHKAN BERKOMENTAR DENGAN BAIK DAN BIJAK
1. Gunakan Bahasa yg mudah dimengerti. No Sara, No Spam.
2. Link aktif akan otomatis terblokir, Gunakan "Name/URL" untuk meningalkan jejak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel