Mengatasi Catridge Tinta Tidak Terdeteksi Pada Printer Canon

Salam, Selamat sore.
Bagi anda yang kesehariannya selalu berurusan dengan peralatan perkantoran, seperti menyusun laporan, membuat tugas kuliah, membuat skipsi, dan lain sebagainya. Mungkin terkadang kita memerlukan hardcopy atau data printout sebagai bukti fisik.
Namun apa jadinya kalau alat untuk print-out (printer) yang kita gunakan bisa berabe jadinya, apalagi saat-saat kita dikejad deadline bisa berantakan kalau tidak terselesaikan hanya gara-gara printer yang ngadat. Seperti halnya yang saya alami dengan printer Canon IP 2770 yang mengalami masalah dengan tintanya. karena printer Canon IP 2770 ini masih menggunkan tinta injek alias suntikan, maka masalah ini sering muncul. Masalahnya pada Printer Canon IP2770 adalah Catridge (dibaca "KATRID", tempat penampungan tinta) yang tidak terdeteksi saat selesai mengisi ulang tinta atau saat-saat tertentu jika sedang ngadat. Karena salah satu catridge atau mungkin keduanya tidak terdeteksi oleh printer sehingga menyebabkan error dan membuat proses print out terganggu, jadi gak bisa print dech..!!
Biasanya printer akan mengeluarka pesan pop-up untuk meberitahukan masalh tersebut dengan memberikan pesan "The following ink has run out. Color <CL-811> atau Color <BK-810>. Replace the ink catridge and close the cover. if bla-bla bla-bla bla bla...." dan seterusnya sampai selesai.
Adanya masalah ini mungkin kita sering bertanya "Ada apa ini?" padahal tinta dalam catridge masih banyak  bahkan baru saja isi ulang dan tidak ada masalah, tapi kok gak ke detec catridgenya ? apa mungkin rusak, atau ..? 

Wah, Jangan panik dulu, apalagi buru-buru ganti Catridge tintanya. mengingat harga catridge Canon yang lumayan mahal, mending kita cari solusi dulu. Nah, disini kita punya penyelesaian masalahnya. Untuk masalah Catridge Canon yang tidak terdeteksi baik yang warna ataupun yang hitam, oke langsung kita bahas.

Untuk masalah catridge  yang tidak terdeteksi pada printer canon silahkan bisa coba cara-cara berikut.

1. MEMBUKA DAN MEMASANG KEMBALI CATRIDGE
Salah satu faktor yang menyebabkan catridge printer canon tidak terdeteksi bisa jadi karena catridge yang baru saja kita ini ulang kurang pas saat memasangnya kembali, hingga menyebabkan catridge tidak terdeteksi dengan baik. Nah untuk solusinya kita harus coba membuka cartidge tersebut dan memasangnya kembali, pastikan catridge tersebut sudah terpasang dengan baik. Setelah selesai, tutup cover printernya dan silahkan coba untuk print document kembali.

2. MEMBERSIHKAN TINTA YANG BLEPOTAN PADA CATRIDGE.
Kalau sudah coba membuka catridge dan memasang nya kembali karena dikhawatirkan pemasangan yang tidak pas seperti yang di ulas pada point satu (1) diatas. Tapi kok kenapa masalah "ink catridge has run out" atau catridge tinta pada printer ini masih belum terselesaikan, Nah disini kita masih ada solusi lain.
Selain karena pemasangan yang tidak tepat, kemungkinan masalah ini karena keadaan catridge yang kotor oleh sisa-sisa tinta saat isi ulang, atau mungkin karena banjir tintanya (kayak sungai aja :D), hingga menyebabkan sisa-sisa tinta tersebut mengotori catridge dan menyebabkan tidak terdeteksi oleh printer, nah untuk problem seperti ini troubleshoot problem (pemecahan masalahnya) kita harus mebersihkan catridge terlebih dahulu.
Silahkan buka Cover Printer dan ambil catridge yang bermasalah, bersihkan Catridge dari tinta yang nempel pada catridge hingga bersih. Awas, hati-hati saat membersihkan catridge tersebut, usahakan menggunakan tisu atau kain yang mempunyai tekstur yang lembuuut. takut rusak, beli lagi mahal !, hehe.
Setelah dianggap sudah bersih, silahkan pasang kembali dengan benar pada tempatnya. tutup kembali covernya dan silahkan mencoba untuk ngeprint dokument lagi, kalo masih belum bisa silahkan malihat solusi pada point 3.


3. MENEKAN TOBOL "RESUME".
Kalau percobaan penyelesaian masalah sudah dicoba seperti pada poin 1 dan 2, tapi printer masih saja terjadi error dan mengeluarkan pesan bahwa catridge tidak terdeteksi.
Masalah tidak terdeteksinya Catridge Tinta pada printer canon ini bisanya selain menampilkan pesan berupa popup juga ditandai dengan Blinking (berkedip-kedip) lampu kuning pada tombol "RESUME". Nah, kalo memang sudah dicoba penyelsaian diatas, tapi masih tetap saja. sekarang kita menuju pada solusi terakhir.
setelah mebersihkan dan  memasang dengan baik catridge, jika lampu kuning pada tombol "RESUME" tetap berkedip, berarti masalah ini belum selesai, tahap terakhir agar fix adalah dengan cara "Menekan tombol resume tersebut selama kurang-lebih 5 (lima) detik" baru kita lepaskan. Hal ini mungkin ditujukan untuk mengkonfigurasi dan memberi tahu printer bahwa telah ada pemasangan catridge baru pada printer.
Setelah tombol dilepas, biasanya lampu "resume" sudah tidak berkedip lagi. Bisa dipastikan catridge sudah terbaca dan terdeteksi dengan baik oleh perangkat printernya. Silahkan tutup cover printernya dan coba print dokumet kembali.

Sekian semoga bermanfaat dan semoga berhasil, kalo ada pertanyaan atau point yang tidak difahami, silahkan sampaikan melalui komentar. Admin akan menanggapi dengan baik. 
Salam.

54 Responses to "Mengatasi Catridge Tinta Tidak Terdeteksi Pada Printer Canon"

  1. Kebetulan sy pake canon..
    Sy simpan dulu ya tips nya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. OKE.. Semoga bisa bermanfaat.. dan terimakasih udah berkunjung

      Delete
    2. Makasih bangett gan infonya berguna 👍👍

      Delete
  2. sippp,,,, thh gan,, ane sdh buktiin.... AMPUH.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke gan.. Trimakasih testimoninya..

      Delete
  3. catrigde tetap tidak terbaca..pdhl udah ganti baru..udah aku bw ke tempt servis ktne tempat catrgd yg rusak...solusi gmn om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, ganti catridge lumayan ya mbak.. :D
      ya.. Kalo masalah tempat catridge yg rusak, mungkin itu yg perlu diganti atau di perbaiki. tapi udah dicoba pake 1 ctridge blum?

      Delete
  4. gan printer saya cannon ip 7270 sudah di infus , tapi ada notification indikator tintanya habis, padahal masih banyak gan tintanya. terus hasil printernya kadang tidak sesuai.
    minta solusinya gan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Printer Cannon memang kadang tidak mendeteksi tinta / tinta habis di indikator kalo tinta bukan ori.
      Kalo maksud tidak sesuai itu gmana gan?

      Delete
  5. Jossss ampuh mas. Solusinya. Thanks yaaa... Jd gk udah beli catridge. Td y udah panik nambah anggaran lg. He

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Senang bisa bantu.. terima kasih reviw-nya mas :D

      Delete
  6. so thankyouuuuuuuu om. membantu sekali nih yang langkah ke 3 huhuhu

    ReplyDelete
  7. Printerku canon mp230 series tapi kok gak ada tombol resetnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa gak ada mbak... Coba cek ulang, kalo gak ada keterangan tulisan Stop/Reset, cari tombol yang icon-nya BULAT dengan SEGITIGA ditengahnya.. itu tombol reset

      Delete
  8. Tinta printer black ink tetep nyala lampunya, padahal udah diisi ulang tadi siang, terus notif pas lagi ngeprint, tinta sedikit lagi habis. Solusinya gimana? Tapi kalo hasil cetakan sih bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan pake tinta Ori apa nggak.. perlu diketaui pada printer CANON tinta non-ori gak bakalan terdeteksi dan tetap saja kosong di indikator printer, meskipun sudah diisi penuh..
      so jangan heran gan..

      Delete
  9. Makasih banyak... sangat bermaanfaat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama.. senang bisa bantu gan :D

      Delete
  10. Gak mau juga gan... udah ketiga cara ane coba.. artinya pilihan ke emapt nieh gan??? Ganti Katride?? padahal baru isi ulang sekali.. :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yasudah.. kalo memang itu yg terbaik. :D ganti aja gan

      Delete
  11. Makasih ya membantu sekali 😢

    ReplyDelete
  12. Terimakasih atas artikelnya gan, bekerja dg baik alhamdulillah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah.. Senang kalo artikelnya bisa membantu

      Delete
  13. Saya pengguna canon e510, saya baru isi ulang tinta tapi indikator di laptop saat print dan indikator di printer tinta warna masih menunjukan kalo tinta akan habis. Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngisinya pake tinta ori canon gak gan..? Perlu di ketahui, catridge canon hanya mendeteksi tinta original dri canon sendiri, bila kita menggunakan tinta selain canon yang ori indikator tinta akan selalau menampilkan keadaan kosong.. ITU WAJAR..
      so gunakan tinta & catridge ori canon jika mau sesuai

      Delete
  14. Bermanfaat sekali gan. Makasih banyak 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama sis.. senang bisa bantu.. :D

      Delete
  15. Jazakumullah khairan... Sangat membantu.. Semoga Allah membalas kebaikanmu dengan pahala yang berlimpah..
    Aamiin,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, Istajib du'aana ya rabb.. Alhamdulillah jika bermanfaat

      Delete
  16. Mantab.. dah solved. Pake solusi 1 langsung jadi. Namanya refill tetep tinta terlihat abis yg penting bs print tetep jalan 😁. Terimakasih ya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah bila bermanfaat.. terima kasih testimoni-nya mas :D

      Delete
  17. Terima kasih, sangat membantu

    ReplyDelete
  18. Makasih yaa infonya sangat membantu

    ReplyDelete
  19. Thanks Bgt gan, dari semalem ga ngerti masalahnya kenapa nih printer ane. tips nya bermanfaat sekaleeeeh

    ReplyDelete
  20. Makasih infonya mas,cuma ya printer aku kan tipe nya juga ip2770,nah tinta hitam aku masih penuh,tapi gamau di print. Aku udah nyoba yg tekan tombol resume kan,cuma tinta berwarna yang keluar,tinta hitam nya kagak. Itu gmna ya mas? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinta hitamnya kenapa gak bisa keluar sama sekali???

      Delete
  21. gan saya ga ngerti kenapa tinta sudah di isi tapi tidak keluar juga.
    mohon penverahan untuk tinta tipe canon PG-745 cartridge..thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan tintanya sudah kering jadi tidak bisa keluar....
      Masalah kayak gini ya pernah ngalamin, dan sebagai eksperimen saya merendam cartridge di air hangat dan hasilnya sukses...
      Untuk agan saya tidak menyarankan... Tapi kalo mau coba silahkan.. but DIWYR..

      Delete
  22. gan kalau saat print buram/samar" itu di apanya ya.
    udah saya cek pake tisu keluar tintanya.
    tapi saat print hasilnya buram" gtu , padahal sdah isi tinta refill 3 hari yang lalu.

    itu di apanya ya gan?
    berbagai maintance sudah aku lakukan
    cleaning , deepcleaning , nozzle cek nya masih bagus .
    print yang saya gunakan CANON IP2870S

    Terma kasih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan besar penyakitnya terdapat pada catridge. Saya juga pernah mengalami seperti itu, bahkan saya pernah merendam cartridge di air hangat, tapi problem seperti itu tetap saja tejadi.
      Mungkin solusi satu-satunya yang terbaik ganti catridge.

      Delete
  23. Gan saya sudah isi ulang tinta cartridge untuk canon E410 tp kenapa selalu kelapkelip di tanda⚡sm yg color nya ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Isi ulangnya pake tinta ori canon atau bukan gan???
      Kalo bukan ori pasti kedip2 terus.. soalnya gak bakal ke detek

      Delete
  24. Gan...saya baru beli catridge tapi ko lampu orange nya kedip2 trus ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ctridge ori canon bukan gan? Kalo bukan ori biasanya gk terdeteksi.. makannya kdip2

      Delete
  25. Saya baru beli canon MG2570S . Setelah saya isi ulang lampunya masih menyala. Pakai cara 1&2 juga tetap saja. Tapi di printer saya gak ada tombol resume. Kalau printer tipe saya tekan yang mana ya kalau cara 1&2 tetap tidak bisa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gak ada stop/reset cari tombol dengan icon BULAT+SEGI TIGA ditengahnya gan..

      Delete

SILAHKAN BERKOMENTAR DENGAN BAIK DAN BIJAK
1. Gunakan Bahasa yg mudah dimengerti. No Sara, No Spam.
2. Link aktif akan otomatis terblokir, Gunakan "OpenID" atau "Name/URL" untuk meningalkan jejak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel