Cara Print Hitam Dengan Tinta Warna / Menggunakan 1 Catridge

Salam, Semangat Pagi !.
Masih seputar Printer, Setelah kemarin kita mengulas tentang tata cara "Mengatasi Catridge Canon Yang tidak Terdeteksi" dan "Cara Menyusun Hasil Print-Out Dari Halaman Belakang" pada Printer canon IP 2770, sekarang menuju tutorial selanjutnya. Saat kita ada masalah dengan tinta, mungkin karena habis atau karena Catridge tintanya yang rusak. hingga hanya satu yang bisa digunakan sedang yang satunya tidak bisa. Padahal masih ada pekerjaan yang harus di Print-out. Yang lebih fatalnya lagi Catridge yang tidak bisa digunakan adalah catridge Hitam, sedangkan kita perlu banget warna tersebut untuk print dokument.

Tenang saja, disini kita masih ada solusi, Saat kita hanya mempunyai tinta warna "CMK" atau tinta warna saja, sedangkan kita membutuhkan tinta Hitam, Kita masih bisa menggunakan Tinta warna tersebut untuk print Document berwarna hitam. Simpel nya Kita Hanya menggunakan Satu Catridge warna Saja.
NOTES:
Saat kita menggunakan catridge Warna saja, Catridge Tinta Warna Hitam harus tetap terpasang kalau tidak terpasang Biasanya Printer akan menampilkan pesan error.
Nah, untuk menggunakan cara ini ada beberapa pengaturan yang harus kita tempuh terlebih dahulu, Berikut adalah caranya :
1. BUKA DEVICES AND PRINTERS
  • Klik menu start dan pilih "Devices and Printers" di sebelah kanan. (pada windows 7)
  • Atau bisa melalui pencarian di start menu (win 7) atau search (win 8+) dengan mengetikan "Devices And Printers"
  • Atau Bisa juga di akses dengan menuju ke "Control Panel\Hardware and Sound\Devices and Printers"
2. BUKA PRINTING PREFERENCES
Setelah halaman "Devices anda Printers" terbuka disana akan terdapat beberapa daftar perangkat (device) dan printer yang terinstall pada komputer. Langsung cari printer yang akan kita ubah pengaturannya, setelah ditemukan, klik kanan pada icon printer dan pilih "Printing Preferences".

3. SETTING CATRIDGE YANG AKAN DIGUNAKAN
"Printing Preferences", disinilah kita akan memulai pengaturan untuk menggunakan satu catridge saja. Setelah terbuka halaman "Printing Preferences" kita akan disuguhkan banyak tab atau sub menu yang berjajar dari kiri ke kanan. 
Sekarang kita masuk ke pengaturan catridge pada tab "Maintenance" dan pilih pada icon catridge yang bertuliskan "Ink Catridge Setting". Setelah kita klik menu "Ink Catridge Setting" akan ada pop-up yang muncul tentang catridge yang akan digunakan, Pada settingan default printer canon catridge yang digunakan "Both Black and Color" atau menggunakan kedua catridge Hitam Dan Berwarna. silahkan pilih "Color Only" pada menu drop-down pada ink catridge
Setelah itu klik "Oke" maka jendela akan tertutup dan kembali pada laman Preferences. Klik Apply dan Oke.
Tutup Semua jendela Silahkan coba untuk mengeprint docoment hitam, pokoknya entah bagaimana caranya tinta warna akan berkolaborasi dan menyusun warna hitam, 
dan, Taraaa.. Selamat Kita sudah berhasil print dokument dengan satu catridge saja. 
Biasanya saat melakukan print dengan satu catridge ini akan ada notifikasi untuk meminta persetujuan dari printer bahwa kita sedang akan menggunakan satu catridge saja, jangan khawatir klik saja "Oke" maka printer akan mulai ngeprint.

Sekian semoga membantu dan semoga berhasil, kalo ada pertanyaan atau point yang tidak difahami, silahkan sampaikan melalui komentar. Dengan senang hati Admin akan menanggapi dengan baik. 

Salam.

40 Responses to "Cara Print Hitam Dengan Tinta Warna / Menggunakan 1 Catridge"

  1. ada efek negatifnya ga jika kita nge-print warna hitam menggunakan catridge warna?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya ngga ada.. paling tinta cpet habis karna tanpa bantuan warna hitam, and atu lg gan, warna yg dihasilkan biasanya tak sepekat saat menggunakan tinta hitam, tp lumayan lah untuk keadaan kepepet..

      Delete
  2. Makasih banyak infonya.. pas banget lg kepepet ini.

    ReplyDelete
  3. Heee.thanks gues. Cocok buat anak kuliah heeee

    ReplyDelete
  4. Heee.thanks gues. Cocok buat anak kuliah heeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, btul gan.. soalnya pngalaman pribadi juga nie. :D

      Delete
  5. klw 1 cartridge di pasang apa bisa ngeprint

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan pake printer merk apa?

      Delete
    2. Kalo canon ip1980 pasang 1cartridge hitam saja bisa gk ngprint

      Delete
    3. Kalo yg pernah saya coba d printer canon biasanya ada pesan eror, silahkan coba dulu gan, kalo gak bisa pasan dua-duanya lalu setting pake yg hitam aja, sama tutorialnya kayak diatas

      Delete
    4. Aku baru praktek tadi print dengan catride hitam saja, tapi catride warna harus di pasang juga kalau ngak akan error..
      jadilah nyari catride warna yang rusak set hitam :D

      Delete
    5. Iya bisa sperti itu jga gan...

      Delete
  6. ternyata bisa diakalin juga ya ... keren dech ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas.. alternatif kalo tinta yg lainnya abis

      Delete
  7. Gan kenapa pada saat print t_shirt transfer warna hitam berubah jd orange

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan pake 1 acatridge warna doang ya? kyaknya salahsatu warna nya adayang abis, mungkin yg biru atau yg lainnya

      Delete
  8. Gan kl canon ip 2770 catricnya dua2 nya ga keluar tintanya, trus bisa ga kita ganti hanya catrik hitam aja.trims

    ReplyDelete
  9. Gan kl canon ip 2770 catricnya dua2 nya ga keluar tintanya, trus bisa ga kita ganti hanya catrik hitam aja.trims

    ReplyDelete
  10. Makasih banyak. Bener2 membantu di saat kepepet. Lagi butuh ngeprint tp lupa beli catridge hitam yg baru, yg lama soak.
    Makasih bgt tipsnya!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak.. Senang bisa membantu :D

      Delete
  11. bagaimana cara hilangkan notifikasi oke itu pada setting an tinta warna saja. karena ribet juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya gak bisa diilangin gan.. mau tidak mau harus klik "OKE" tiap mau print dokument.. :-)

      Delete
  12. Knp pny saya ga bisa ya. Kartrid warna saya rusak. Dan tiap kali ngeprin. Muncul nya kartrid tdk dpt dikenali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo memang rusak sulusinya hanya harus diganti gan.., cara pada postingan ini, harus keadaan kedua katrid terdeteksi (normal/tidak rusak)...

      Delete
  13. bisa ga yah cara ini diterapkam pada printer conon mp237

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget gan... Malah sekarang saya lg pake jurus ini di printer MP237 jga.. asal terinstall MY Printer Canon-nya aja gan

      Delete
  14. Gan .. klo salah satu tinta habis apakah hrs ganti dua duanya .. maaf awam bgt .��Sy pk hp1515

    ReplyDelete
  15. Klo misalnya salah satu warna hanis dinprinter hp 1515 apakah hrs ganti dua duanya ? ... maaf awam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak juga Mas.. D printer HP bisa jga pake satu catridge, malah di printer Hp tinggal di cabut saja satu catridge. Saya pernah prakteikin di HP Deskjet 1000, paling tinggal sedikit setingan tergantung catridge mana yg dicabut/digunakannya

      Delete
  16. Thanks bray, memang pas lagi darurat hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagaimna cara Memprint Tinta hitam menggunakan tinta Warna jika tdk ada pengaturan maintinance dan color only nya..? Tampilanya hanya ada 2 pilihan yaitu black and with Dan color. Gitu aja..

      Delete
    2. Printer yang agan pake itu printer apa?

      Delete
  17. Min mau tanya printer saya ip2770 tadinya blink 3x, dan di pc keteranganya papper jamed. terus saya ganti sensornya kemudian saya coba print bisa, akan tetapi beberapa hari kemudian terjadi hal yang sama blink 3x,
    gimana min solusinya.

    ReplyDelete
  18. Min mau tanya printer saya ip2770 tadinya blink 3x, dan di pc keteranganya papper jamed. terus saya ganti sensornya kemudian saya coba print bisa, akan tetapi beberapa hari kemudian terjadi hal yang sama blink 3x,
    gimana min solusinya.

    ReplyDelete
  19. Cara menghilangkan notifikasi persetujuan print dgn 1 cartridge gmn ya mas ? Ribet juga harus klik ok tiap print beda dokumen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya gk bisa gan.. sejauh ini saya belum menemukan cara tsb..

      Delete

SILAHKAN BERKOMENTAR DENGAN BAIK DAN BIJAK
1. Gunakan Bahasa yg mudah dimengerti. No Sara, No Spam.
2. Link aktif akan otomatis terblokir, Gunakan "Name/URL" untuk meningalkan jejak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel