Cara Lengkap dan Ampuh Mengusir Lalat

Di musim hujan seperti sekarang ini kita harus eksta berhati-hati dalam menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan, karena kalau tidak bisa-bisa akan mengancam kesehatan kita, atau keluarga kita. Pada musim hujan potensi penyebaran penyakit sangatlah tinggi, genangan air yang kotor, perkembangbiakan kuman, jentik nyamuk, dan masih banyak lagi ancaman kesehatan yang membahayakan bagi kita. dan penyebaran penyakit bisanya di bantu pula dengan banyaknya binatang-binatang atau serangga seperti "LALAT"
Siapa yang tidak tahu dengan lalat, Meneurut Wikipedia Lalat adalah jenis serangga dari ordo Diptera yang  memiliki sepasang sayap terbang dan sepasang halter, yang berasal dari sayap belakang, pada metatoraks. 
lalat hewan yang super jorok yang hobinya hinggap di tempat-tempat busuk dan kotoran. setelah hinggap dari tempat-tempat kotor dan berbau lalat akan terbang dan hinggap pada tempat-tempat yang mempunyai aroma yang disukainnya, seperti pada bekas makanan, pekakas dapur, piring, warung makan. dan dimana-mana yang membuat kita kesal. nah berikut kita akan membahas tentang bagaimana cara mengusir hewan lalat tersebut agar tidak mengganggu kita lagi, disini kita akan bagi cara pengusiran lalat dengan dua kategori, cara alami dan cara moderen, berikut adalah cara lengkapnya:

MENGUSIR LALAT DENGAN CARA ALAMI (HERBAL)
cara herbal adalah cara yang sangat aman dan mudah digunakan tanpa efek sampng dan perlengkapannya bisanya tersedia di sekitar kita, berikut adalah cara mengusir lalat dengan cara herbal :
1. MENGUSIR LALAT DENGAN AIR DALAM PLASTIK
Bila anda sering ke rumah makan atau warteg, pasti sering pula menjumpai bungkusan air putih bergelantungan diatas, Cara ini merupakan cara alami yang digunakan untuk mengusir lalat, Loch masa, memeang bisa ?.
Metode pengusiran lalat dengan menggantungkan air putih yang diisi sengan plastik tranparan adalah metode lama yang bnyak digunakan, tidak hanya di Indonesia metode ini sudah banyak di kenal pula di luar negeri. Cara kerja bungkusan air tersebut akan membiasakan cahanya dan membuat silau pandangan lalat, dan biasnya lalat akan terpaku dan hinggap pada bungkusan air tersebut. Dan untuk metode ini hanya dapat digunakan pada tempat yang cukup pencahayaan.

2. MENGUSIR LALAT DENGAN LILIN
Masih seputar kebiasaan yang ditemukan di warung-warung makan atau warteg disana biasanya yang punya warung menyalakan lilin. bila kita tidak tahu akan kegunaan lilin tersebut, pastinya akan bertanya-tanya, "Untuk apa sich lilin-lilin itu, siang bolong hari cerah masa pake lilin?".
Jangan salah menggunakan lili tergolong ampuh untuk mengusir lalat, mungkin karena takut terbakar atau entah kenapa lalat lalat biasanya akan kabur bila melihat lilin. Cara penggunaanya : Letakan lilin dekat tempat-tempat atau makanan yang sering dihinggapi lalat, tapi ingat, pastikan keberadaan lilin aman dan tidak berpotensi kebakaran.

3. MENGUSIR LALAT DENGAN KIPAS ANGIN
Cara mengusir lalat dengan kipas angin tergolong cara yang sangat mudah dan simple juga, lumayan populer cara ini digunakan untuk mengusir serangga bandel lalat. cara penggunaanya cukup dengan menyalakan kipas angin di tempat yang sering dihinggapi atau jalur penerbangan lalat. hembusan angin yang kencang dari kipas akan mengganngu lalatdan melemparnya jauh, senhingga lalat akan sungkan untuk mendekat lagi, disini kecepatan hembusan mungkin akan berpengaruh.

4. DENGAN JERUK NIPIS / LEMON + CENGKEH
Untuk cara yang alami lainnya adalah dengan menggunakan aroma dari jeruk nipis atau anda bisa menggunaka Jeruk Lemon bila tidak ada yang dipasukan dengan Cengkeh. Aroma-aroma wangi jeruk dan dan lemon ini sangat tidak disukai oleh lalat, sehingga lalat akan kabur saat mencium aroma keduanya. Cara penggunaanya pun sangatlah mudah, iris / potong bagian jeruk kemudian letakan/tancapkan pula diatas potongan jeruk tersebut cengkeh. lalat akan kabur seketika. 

5. MENGUSIR LALAT DENGAN POTONGAN DAUN PANDAN.
Anda tahu daun pandan? pastinya daun yang mempunyai aroma yang wangi dan sering digunakan saat memasak atau membuat kue ini sangat tidak disukai oleh lalat, sehingga bisa kita manfaatkan untuk mengusir lalat agar tidak mengganggu lagi. tergolong sangat mudah cara penggunaannya, cukup dengan memotong-motong kecil daun pandan dan direndam dalam air seperti dalam mangkuk atau tempat lainnya. lalau rendaman danun pandan tersebut diletakan pada tempat yang banyak dihinggapi lalat.

6. MENGUSIR LALAT DENGAN BUNGA LAVENDER
Aroma wangi bunga lavender yang menyengat juga tidak disukai oleh serangga lalat, jadi untuk mengusir lalat kita bisa menggunakan keharuman bunga lavender baik untuk didalam rumah atau diwarung-warung makan. caranya simpe sekali cukup dengan menancapkan bungan lavender agar menyebar ke seluruh ruangan, dan lalat akan segera menjauh karena tidak suka dengan aroma itu.

7. MENGGUAKAN ANEKA DAUN DAN TANAMAN ALAMI LAIN
Selain aroma-aroma bunga dan tanaman yang sudah disebutkan diatas, masi banyak lagi tanaman yang sangat tidak disukai oleh lalat, sehingga bisa kita manfaatkan untuk mengusir lalat, misalnya dengan menggunakan daun mint, danu kemangi atau daun-daun lain yang mempunyai wangi yang menyengat tapi tidak membahayakan bagi kita. Selain itu kita juga bisa memanfaatkan tanaman-tanaman yang tidak disukai oleh lalat, kita bisa meletakan tanaman-tanaman anti serangga dipekarangan rumah sepeti tanaman Tomat, Lavender, tanaman kastor, Tanaman Tansy, rue, pennyroyal dan masih banyak tanaman-tanaman yang tidak disukai lalat.

MENGUSIR LALAT DENGAN CARA MODEREN (NON-HERBAL)
Selain dengan cara herbal diatas ada pula cara mengusir serangga denga cara non herbal, bisa dibilang cara modern. berikut adalah cara-caranya :

1. MENGGUNAKAN OBAT SPRAY ANTI SERANGGA
Semprotan yang mengandung isektisida atau obat spray anti serangga bisa dimanfaatkan untuk mengusir keberadaan lalat, pbat spray anti serngga sekarnag ini sudah sangat banyak dipasaran senhingga bisa dengan mudah didapatkan, manum perlu diingat penggunaan berlebih dengan obat spray berinsektisida kan membahayakan pernapsan kita, so bijak lah dalam menggunakan alat pengusir ini. Jauhkan dari makanan dan atur penggunaan agar tidak membahayakan kesehatan.

2. MENGUSIR LALAT DENGA ZAPPER LALAT ATAU RAKET LISTRIK.
Zapper atau raket bertegangan listrik juga bisa kita gunakan untuk mengusir lalat gar tidak menggangu lagi, alat yang biasa digunakan untuk mengusir nyamuk ini pun bisa manjur untuk mengusir lalat. Namun cara ini tergolong cara yang ekstrim dan sadis karena secara langsung membunuh dan membasmi lalat. silahkan coba itung-tung anda bermain badminton saja hehe.

3. MENGUSIR LALAT DENGA LEM LALAT
lem lalat bisa dijadikan alat anti lalat, dengan alat ini kita bisa menangkap lalat dan mengurangi lalat jang kian mengganggu. Lem lalat sendiri sudah banyak dipasaran dan mudah sekali menemukannya di warung-warung, mini market dan super market, cara penggunaanya dengan menmpelkan lem lalat pada tempat atau dinding, jangan lupa letakan pula sisa makanan sebagai jebakan untu lalat.

4. DENGAN SISTEM INFRASONIK DAN ULTRASONIK
cara pengusiran lalat atau serangga dengan cara ini sudah banyak digunakan, alat alat nya pun sudah bisa ditemui dipasran. Sistem kerja alat ini mengusir serangga atau lalat dnegan memancarkan gelombang-gelombang Infrasonic dan Ultrasonic sehingga membuat lalat kabur dan menjauh.

5. MENGGUNAKAN APLIKASI ANTI LALAT / SERANGGA.
Meski belum ada pengujian tentang kaurasi keampuhan pengusiran serangga atau nyamuk dengan cara ini namun nampaknya patut untuk dicoba, banyak sekali aplikasi-aplikasi dipasaran yang mengklaim dapat mengusir serangga, lalat, atau nyamuk. Aplikasi-Aplikasi ini sudah biasanya bisa dipasang pada berbagai platfone mulai dari Symbian, Android, Iphone bahkan pada perangkap PC. silahkan anda caba sendiri.

Sekian tentang cara mengusir lalat dengan berbagai cara. anda bisa menerapkan tips dan trik pengusiran serangga tersebut di rumah, atau tempat-tempat lain. Semoga bermanfaat

0 Response to "Cara Lengkap dan Ampuh Mengusir Lalat"

Post a Comment

SILAHKAN BERKOMENTAR DENGAN BAIK DAN BIJAK
1. Gunakan Bahasa yg mudah dimengerti. No Sara, No Spam.
2. Link aktif akan otomatis terblokir, Gunakan "OpenID" atau "Name/URL" untuk meningalkan jejak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel