4 Opsi layar Windows Untuk Infokus (Screen Project)

Infokus atau Proyektor merupakan media yang banyak digunakan dalam presentasi atau menyampaikan sebuah materi. dengan menggunakan media ini, penyampai materi atau guru dirasa sangat terbantu karena matero yang disampaikan akan mudah dicerna karena melalui Audio-Visual, cara penggunaannya pun cukup mudah, pemateri atau guru cukup hanya menyiapkan materi presentasi atau slide dalam Laptop/Notebook misalnya dengan Ms. Office Power point. Dan pada saatnya tiba waktu penyampaian materi tinggal menyambungkan Laptop yang brisi materi pada kabel Proyektor yang sudah disiapkan.
baca juga Kok Laptop Baru Gak Ada Port VGA?
Sangat disayangkan tenaga pendidik di kita masih kurangnya memahami teknologi, jadi media Proyektor sering ditakuti bagi guru/tenaga pengajar yang "gaptek".

Padahal tak banyak pengaturan saat menggunakan proyektor ini, jika keadaan proyektor masih baik, hanya saja yang bisa digunakan saat memulai presentasi sebatas opsi pembagian layar (Screen Project), Pilihan menu ini dalam Sistem Operasi Windows bisa diakses dengan menekan tombol Win+P secara bersamaan, disanalah kita akan mendapatkan 4 opsi layar yang berbeda-beda, berikut ini kita akan jelaskan rincian-rincian pembagian layar, atau screen project dalam sistem operasi Windows khususnya pada windows 7.

1. COMPUTER ONLY (Hanya Layar Komputer)
Bagi anda yang mungkin tergolong baru dalam menggunakan Proyektor atau Infocus, jangan bingung dulu bila saat menyambungkan Laptop dengan kabel VGA proyektor pada layar proyektor tidak menampilkan apa-apa, yang ada hanyalah layar hitam bertuliskan "No Signal" atau sebagainya yang menandakan layar tidak tersambung atau tidak bisa ditampilkan, bila sambungan sudah terasa baik dan tidak ada masalah, ada baiknya jangan panik dahulu, barangkali hanya pada setingan Laptop anda saja. Kemungkinan tidak tampilnya layar bisa jadi karena laptop anda dalam keadaanya dalam mode Computer Only atau dalam windows 8 keatas "PC Screen Only"
Computer Only atau PC Screen Only adalah suatu mode yang mana screen / layar yang ditampilkan hanyalah layar Laptop, dan tidak akan tampil pada layar Infokus.jadi jika layar laptop tidak tampil cobalah periksa pada bagian ini dengan cara menekan "Win+P" secara bersamaan, dan pilih Computer Only atau PC Screen Only. kalo memang masih tidak bisa silahkan baca artikel saya tentang cara Mengatasi Laptop/Notebook yang tidak bisa konek Infokus.
Sebenarnya pada mode ini bisa kita manfaatkan sebelum mulai dengan presentase. jadi supaya para audiance tidak melihat tahap persiapan dalam komputer sebelum mulai, bisa kita pndahkan pada pilihan layar ini. So, ga ada yang tahu apa yang kita lahukan pada layar laptop kita.

2. DUPLICATE (layar kembar)
Selain pilihan diatas, ada juga opsi layar selanjutnya dan biasanya pilihan ini paling banyak digunakan saat presentasi, yaitu "Duplicate". Duplicate atau dalam istilah kita disebut Duplikat atau menjiplak, adalah opsi layar yang akan menampilkan tampilan layar laptop Sama dengan Layar Proyektor dengan resolusi yang sama pula, singkatnya layar kembar akan terjadi dengan mode ini. dan pada umumnya pilihan layar Duplicate secara default atau bawaan pada setiap laptop dengan infokus disambungkan.
Baca juga : Penggunaan VGA Hampir Punah (VGA vs HDMI)

3. EXTEND (Digabungkan berdampingan)
Extend sebenarnya hampir sama dengan mode duplicate, dalam bidang penampilan layar pada kedua screen. Namun tentunya berbeda fungsi, pada pilihan EXTEND layar komputer akan dibagi menjadi dua, layar pokok (Laptop) dengan identitas 1, dan layar external /tambahan (proyektor) dengan identitas 2. singkatnya ukuran layar 1 (laptop) dengan layar 2 (Proyektor) akan digabungkan, pada fungsi ini bisa kita gunakan resolusi masing-masing layar. Biasanya pada mode EXTEND layar 1(laptop) akan berada di sebelah kiri layar 2, sedangkan lanyar 2 (Infokus) berada di sebelah kanan layar 1. bila handak memindahkan krusor mouse, tinggal kita abawa pinter menuju posisi layar yang dikehendaki. Mode extend ini pila yang biasa digunakan oleh pengguna PC yang menggunakan 2 atau lebih layar.
Lihat artikel lain tentang : Sejarah dan perkembangan HDMI

4. PROJECTOR ONLY (Hanya Layar Proyektor)
Untuk pilihan yang terakhir adalah Projector Only atau hanya layar Infokus yang tampil, dalam windows 8 istilahnya adalah "Second Screen Only". Dengan mode ini layar komputer akan padam dan berpindah pada layar Proyektor, jadi bila anda hendak menampilkan presentasi tapi tidakk ingin menampilkan pada layar Laptop bisa menggunakan Project Screen yang ini.
namun jangan khawatir layar laptop anda akan baik-baik saja, hanya tinggal memindahkan pada mode lain layar laptop akan segera tampil seperti sedia kala.

HATI_HATI  (Info Tambahan) :
Jangan panik bila anda menggunakan opsi layar yang ke 4 yaitu Projector only atau pada windows 8+ Secon screen Only; LAYAR ANDA AKAN PADAM / GELAP. seperti yang ditanyakan oleh "LEA AGUSTINE" Pada Komentar:

Ini adalah hal yang normal, karena fungsi yang ke 4 ini mematikan tampilan layar primer.
CARA MENGEMBALIKANNYA:

  • Jika sedang menggunakan Proyektor atau dua layar, tinggal kita pindahkan ke posisi semula (WIN+P)  dengan melihat ke layar proyektor atau monitor 2.
  • Jika terjadi tanpa lyar proyektor (Munkin saat coba-coba), tinggal  tekan tombol WIN + P dengan memeperkirakan modenya seperti susunan diatas : (win + p pertama) = Computer only, (win + p kedua) = Duplicate, (win + p ketiga) =  Extend dan (win + p keempat) = projector only. 
Karena dulu saya jga pernah kejadian seperti ini, sampai panik bahkan sampe mau di install ulang.. wkwkwkw...

Sekian artikel ini, semoga membantu! bila ada hal yang tidak dipahami atau ada pertanyakan, jangan sungkan untuk melontarkan melalui komentar.

13 Responses to "4 Opsi layar Windows Untuk Infokus (Screen Project)"

  1. mas laptop saya bisa di extend tapi kalau duplicate jadi tidak terjadi apa-apa itu kenapa ya?

    ReplyDelete
  2. Terima kasih ya atas informasi yang anda sajika di blog ini, semoga bermanfaat sukses selalu ^^

    ReplyDelete
  3. Terima kasih atas masukannya. Saya akan mencoba.

    ReplyDelete
  4. Terima kasih atas informasinya. Saya akan mencoba.
    Sukses terus

    ReplyDelete
  5. Maaf mas tapi kok punya saya kan coba pake yang second screen only tp kok laptopnya jd ngeblank. Mau di ubah ke layar awal bingung gimana caranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak LEA AGUSTINE...
      Pastinya mbak.. kalo kita pake Second screen only / Proyektor only. layar laptop/ komputer (primer-nya) akan padam. cara kembaliinya /ngubah dg liat di proyektor atau layar 2.

      kalo lg nyoba2 alias gk pake proyektor tekan WIN+P, perkirakan dan coba beberapa kali sampe timbul layar.. yang jelas susunannya sama seperti uraian diatas...
      dulu saya pernah kejadian seperti ini, sampai panik bahkan sampe mau di install ulang.. wkwkwkw.. #JadiCurhat

      Delete
  6. Mas, laptop saja setelah milih duplicate kok malah layar laptop saya yg hitam? Jadi kayak status proyektor only. Lalu setelah kabel lcd proyektor nya dicabut, layar laptop saya masih ttp hitam. Gimana ya cara ngebalikinnya?

    ReplyDelete
  7. maaf kak mau nanya. saya kan lagi otak atik tombol 'projector' nah saya iseng aja karena penasaran terus tiba tiba saya pencet tombol 'second screen only' dalam posisi tidak ada/menggunakan proyektor.saya mau kembaliin ke semula tapi layarnya hitam terus.cara ngembaliin nya gimana ya? padahal dia tetap menyala bahkan saat itu saya lagi nyalain speaker bluetooth dan laptop saya ini masih bisa nyambung. apa harus ada proyektor dulu ya buat mengganti mode layar nya biar ngga black screen terus setiap saya nyalain laptop nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon baca info tambahannya di bagian akhir artike inil. Yg Saya kasih tanda merah. Itu solusinya...

      Delete
  8. Terimakasih atas informasinya laptop saya layarnya muncul lagi setelah mode second screen only

    ReplyDelete
  9. mas mau tanya!!!
    ketika saya di mode extend kenapa layar tambahan ada di laptop dan layar utama di tampilkan di oroyektor.
    padahal dlu layar pokok di leptop.
    tapi ini kebalik setelah di pakai temen. dan saya otak-atik belum bisa ngembaliin mode extend agar layar pokok tampil di leptop dan layar tambahan (2) tampil di proyektor.

    sebelumnya kalau ada yang tau bisa jawab. terimakasih bnyak.

    ReplyDelete

SILAHKAN BERKOMENTAR DENGAN BAIK DAN BIJAK
1. Gunakan Bahasa yg mudah dimengerti. No Sara, No Spam.
2. Link aktif akan otomatis terblokir, Gunakan "OpenID" atau "Name/URL" untuk meningalkan jejak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel