Mengaktifkan Wireles Host Network Pada Windows

Semakin hari semakin canggih, itulah perkembangan teknoligi masa kini, :-)
Baiklah langsung, disini saya akan membuat sedikit tutorial tentang tata cara mengaktifkan atau membuat sebuah host wireles network pada sistem oprasi windows,
Host Network dapat kita manfaatkan untuk kebutuhan kita seperti berbagi jaringan melalui wireles wlan (Wifi) Sharing File and Folder dan berbagi printer dalam suatu jangkauan. Saya banyak sekali manfaat dari pemanfaatan fitur ini, hemat waktu, biaya, tempat dan sangat efektiv.
Oke langsung aja, membuat sebuah host melalui jaringan wireles tentunnya komputer atau laptop/netbook kita sudah mempunyai fasilitas tersebut (Sudah mempunyai Fasilitas Wifi) yang mana nantinya perangkat kita dijadikan sebagai Induk untuk Host tersebut. pada sistem oprasi windows (Windows 7 / Windows 8) kita bisa melakukan pngaturan dengan melalui Command Prompt atau CMD. Berikut langkah-langkahnya:

1. Klik Start kemudian ketikan "cmd" (tanpa tanda petik) kemudian Run As Administrator atau bisa juga melalui regedit (Win+R) dan ketik cmd dan enter.

*Perlu di ingat disini kita wajib bertindak sebagai administrator

2. Setelah tampil Cmd administratornya kita mulai dengan pengaturan host yang dimaksud, sampai disini wifi harus dalam keadaan on, kemudian ketikan "netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=Seenday key=12345678" dan enter. 
*ssid=Seenday adalah nama host yang nantinya akan menjadi nama wifi anda, silahkan sesuaikan dengan keinginan anda
*key=12345678 adalah kode pangaman (pasword) host yang digunakan untuk dapat tersambung dengan jaringan anda. sesuaikan juga dengan keininan.
dan pastikan setelah anda menekan tombol enter ada notifikasi bagwa proses berjalan suksess

3. Sampai sisi kita telah berhasil membuat host wireles network, namun belum diaktifkan, untuk mengatifkanya kita tinggal ketikan "netsh wlan start hostednetwork" pada cmd admin disetiap hendak mengaktifkannya.

Selamat, anda sudah mempunyai host wireles (wifi) pada komputer/laptop anda, sekarang anda bisa 
*Berbagi jaringan internet melalui wirelew lan (wifi)
*Berbagi File atau Folder melalui wirelew lan (wifi)
* Berbagi printer melalui wirelew lan (wifi)

Insyaallah untuk tutorial segera menyusul

Post a Comment