Jumlah Penambang Batu Kalimaya Banten Yang Semakin Berkurang

Kalimaya Banten sudah populer jauh sebelum membludaknya pecinta kalimaya tahun-tahun ini. Menjamurnya Gemstoner (Pecinta batu mulia) dipandang tak sewajar dengan biasanya, perihalnya hampir semua lapisan masyarakat tergila-gila dan memburu batu mulia dimanapun berada, tak jarang Para Gemstoner rela menggocek kantong yang lebih besar demi terwujudnya dengan batu mulia pujaannya, jauh sebelumnya mungkin dilakukan oleh orang-orang tertentu dan beberapa kalangan masyarakat saja yang menjadi pemburu batu mulia, Dewasa ini para Gemstoner menjamur ke semua kalangan masyarakat, tak hanya para orang dewasa yang dipandang wajar, para pelajar dan mahasiswa sudah banyak tergiur dengan kepamoran batu mulia bahkan sampai menembus kalangan sekolah dasar pun banyak tergila-gila dengan batu mulia. 

Tak lepas dengan kepamoran kalimaya, batu mulia yang sifatnya lokal yang satu ini terus meluncur namanya seinring dengan kelangkaan keberadaanya, sehingga berakibat pada nilai ekonominya yang terus meninggi
Demikian dikatakan langka, karena batu mulia Kalimaya bisa digolongkan sebagai fosil yang termasuk kekayaan alam yang tidak dapat diperbaharui, sehingga pembaharuan dari sumber alam yang satu ini akan memakan waktu yang sangat lama.

Terlepas dari faktor kelangkaan dari sifat batu mulia ini, Faktor lain  yang membuat Batu Kalimaya ini semakin melangka adalah Para Pencarai/penambang dari batu kalimya yang sungguh sulit ditemukan. Pasalnya sangat jarang sekali bahkan bisa dikatakan tidak ada penambang yang beroprasi dalam sebuah proyek atau lembaga yang resmi, kebanyakan mereka adalah perorangan yang berdikari dengan alat seadanya.

Para penambang ini menambang seadanya dengan peralatan yang sangat super sederhana dengan resiko yang sangat besar yang tidak sebanding dengan penghasilannya. Jika mereka mendapatkan hasil, biasanya para penambang menjualnya dengan harga yang relatif murah ketibang harga pasarang yang sangat tinggi.

Mungkin disinilah dukungan pemerintah akan pemberdayaan dan kesejahtraan masyarakat diperlukan, seandainya kekayaan yang menjadi salahsatu kebanggaan Banten ini mendapat dukungan dari pemerintah mungkin kesejahtraan akan terasa merata khususnya bagi masyarakat sekitar potensial tersebut

0 Response to "Jumlah Penambang Batu Kalimaya Banten Yang Semakin Berkurang"

Post a Comment

SILAHKAN BERKOMENTAR DENGAN BAIK DAN BIJAK
1. Gunakan Bahasa yg mudah dimengerti. No Sara, No Spam.
2. Link aktif akan otomatis terblokir, Gunakan "Name/URL" untuk meningalkan jejak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel