Bendungan Karian Lebak Banten

Bendungan/Waduk atau reservoir (etimologi: réservoir dari bahasa Perancis berarti "gudang") adalah danau alam atau danau buatan, kolam penyimpan atau pembendungan sungai yang bertujuan untuk menyimpan air. (wikipedia)

Bendungan Karian atau juga sering di sebut sebagai Waduk Karian merupakan mega proyek provinsi Banten yang terletak di Kabupaten Lebak. Tepatnya di empat kecamatan di kabupaten Lebak meliputi Kecamatan Sajira, Maja, Cimarga, dan Rangkasbitung. Rencana Bendungan Karian ini nantinya akan membenung aliran sungai Ciberang.
BACA..!  Sungai Ciberang  Lebak Banten
Proyek yang diestimasikan, akan menelan dana sebesar Rp 2,9 triliun itu akan dibangun di atas lahan 2.225 Hektare. Seluas 1.740 hektare untuk tubuh bendungan dan sisanya untuk membangun sarana pendukung lainnya, seperti pintu air dan bendungan. 

Dengan kapasitas 219 juta meter kubik dan debit air sekitar 14,6 meter kubik, bendungan ini diharapkan akan dapat memberikan pasokan air bersih (PDAM) untuk kota-kota disekitarnya seperti Serang, Cilegon, Tangerang, bahkan Jakarta. Selain itu bendungan ini berperan sebagai pencegah banjir serta dapat meningkatkan perekonomian daerah dan masyarakat sekitar.
Bendungan ini akan membebaskan sebanyak 2.814 bangunan di 11 desa. Untuk Desa Sindang Mulya, Kecamatan Maja sebanyak 34 bangunan dengan luas lahan 111 hektare. Untuk Desa Pasir Tanjung Kecamatan Rangkasbitung sebanyak empat bangunan dengan luas lahan 104 hektare, Desa Tambak Kecamatan Cimarga sebanyak 472 Bangunan dengan luas lahan 314,4 hektare.
Sementara di Kecamatan Sajira sebanyak delapan desa yang akan dibebaskan di antaranya Desa Mekarsari sebanyak 68 bangunan dan dengan luas lahan 119,7 hektare, Desa Pajagan 308 bangunan dengan luas lahan 236,4 hektare, Desa Sukajaya 495 bangunan dan luas lahan 320,6 hektare, Desa Sajira 73 bangunan dan luas lahan 10 hektare.
Sedangkan Desa Sajira Mekar 20 bangunan dan luas lahan 3,7 hektare, Desa Sukarame 408 bangunan dan luas lahan 96,5 hektare, Desa Sindang Sari 104 bangunan, luas lahan 406,6 hektare dan Desa Calungbungur 828 bangunan, luas lahan 17,1 hektare. (http://domahyld73.wordpress.com)

Rencana proyek yang di gembor-gemborkan provinsi banten ini sudah ada sejak tahun 90-an, manun proses pembebasan baru dilakukan pada tahun 2007, dan tahun 2013 proyek ini akan segera diselesaikan. Mamun, hingga pertengahan 2014 proyek ini belum juga terealisasikan dan belum ada kepastian penyelesaian yang jelas, walaupun pembebasan lahan sudah di lakukan di sebagian wilayah di kecamatan Sajira dan kecamatan Cimarga.
Semoga, bendungan yang diharapkan bisa meningkatkan perekonomian daerah dan kesejahtraan masyarakat ini tidak terlalu larut tertunda dan bisa cepat direalisasikan.

3 Responses to "Bendungan Karian Lebak Banten"

  1. Sedikit Info Pembangunan Diversion Tunnel (Saluran Pengelak) pada Proyek Pembangunan Bendungan Jatigede Sumedang
    http://keepsurving.blogspot.co.id/2017/01/informasi-singkat-pembangunan-diversion.html

    ReplyDelete

SILAHKAN BERKOMENTAR DENGAN BAIK DAN BIJAK
1. Gunakan Bahasa yg mudah dimengerti. No Sara, No Spam.
2. Link aktif akan otomatis terblokir, Gunakan "Name/URL" untuk meningalkan jejak

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel